Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Membuat MCBOOT PS2 Multi Lengkap Terbaru


Cara Membuat MCBOOT Multibooting

Pada tutorial terdahulu saya pernah membuat postingan Tentang Cara Membuat CD uLaunch PS2 
Agar semua jadi jelas maka anda harus baca dulu tutorial tersebut.
Jadi apabila PS2 anda optick nya masih bagus atau masih bisa membaca CD-DVD dengan baik maka anda cukup menggunakan CD uLaunch tersebut namun jika optick PS2 anda dah pada kabur matanya eh opticknya maka anda bisa menggunakan MCBOOT Multibooting yang akan kita bahas ini.
Pertama-tam siapkan dulu bahan-bahanya.. mau masak kali ya..?
3.FMCB.1.5--FMCB.1.7--FMCB.1.8.pilih sesuai keinginan.
Keterangan:
-Ulaunch untuk keperluan kita agar nanti tidak lagi membutuh kan CD uLaunch untuk menjalankan semua prog. pada nomor 2,3,4,5,6 jadi kita menyimpanya nanti dalam MC(memory card)
-Openps2Loader adalah program untuk menjalankan Game yang ada di hardisk external nanti nya.
-FMCB (free mc boot) untuk di instal dalam MC agar nanti PS2 nya Langsung Booting melalui MC nya tanpa membutuhkan lagi optick.
-USBAdvance sama seperti Openps2loader untuk menjalan kan Game pada hardisk external yang masin-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
-SMS sebuah program untuk menjalankan atau memainkan video ataupun mp3 pada consol PS2nya.
-HDLoder untuk memainkan game pada hardisk internal atau HDD NA pada PS2 yang tidak di upgrade ke chip modbo atau matrix.

Untuk membuat MCBooting di playstation 2 yang masih standar atau belum di upgrade alias belum diganti chip matrix atau modbo,anda bisa menggunakan FREE MC BOOT.ELF.Ada beberapa versi dari Free MC Boot.elf sendiri diantaranya V 1.5,V 1.6,V1.8 dan lainnya dengan fungsi sama yaitu untuk booting ps2 tanpa ganti chip.Yang masing masing punya kelebihan dan kekurangan

 Kali ini kita akan menggunakan FREE MC BOOT 1.5
Dengan free mc boot 1.5 kita bisa melakukan booting  dengan menekan tombol stik,sebelumnya kita harus tahu shortcut tombol dari free mcboot 1.5.
~R1  akan memboot file BOOT1.ELF yang tersimpan di MC pada folder BOOT
~R2  akan memboot file BOOT2.ELF yang tersimpan di MC pada folder BOOT .
~L1  akan memboot file BOOT3.ELF yang tersimpan di MC pada folder BOOT
~L2  akan memboot file BOOT4.ELF yang tersimpan di MC pada folder BOOT.
~ Jika tidak manakan tombol maka secara automatis  akan membooting file BOOT.ELF yang tersimpan di MC pada folder BOOT
OKE ,sekarang kita mulai bekerja ,pertama siapkan file yang akan kita booting,umpamanya kita akan membuat booting dengan dengan file-file di atas tadi;
Setelah semua filenya sudah kumpul,maksudnya udah kita siapkan ,kemudian kita akan mengatur shortcut tombol dari stik controller.Umpamanya kita akan
•    memboot hdloader.elf jika kita menekan R1 maka hdloader.elf direname menjadi BOOT1.ELF
•    memboot sms.elf jika menekan R2,maka sms.elf direname menjadi BOOT2.ELF
•    memboot ulaunch.elf jika menekan L1,maka ulaunch.elf direname menjadi BOOT3.ELF
•    memboot usbadvance.elf jika menekan L2,maka usbadvance.elf direname menjadi BOOT4.ELF
•    Jika tidak menekan tombol maka akan memboot openloader.elf.maka openloader.elf direname menjadi BOOT.ELF
Atau bisa di ubah-ubah sesuai keinginan anda.
Pastikan tulisan BOOT1,BOOT2,BOOT3,BOOT4 dan BOOT.ELF harus menggunakan huruf kapital.
Kemudian save semua file yang telah direname tersebut ke flashdisk beserta software free mc boot 1.5.Nyalakan ps2nya dan tancapkan flasdisk diport USB playstation dan MC diport 0 (port mc sebelah kiri). Masukan CD uLaunch yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya dan Jalankan ulaunch ,masuk diaplikasi ulaunch pilih File Browser dan pilih path mass(isi dari flashdisk).Pilih free mc boot.elf dan tekan lingkaran.tunggu beberapa saat dan ikut instruksinya sampai dengan selesai.Setelah selesai tekan tombol segitiga maka ps2 akan off.cabut MCnya dari port 0,nyalakan kembali ps2nya dan jalankan ulaunch.colokkan MCnya diport 0,masuk diaplikasi ulaunch pilih file browser dan pilih mass: masuk dipath mass pilih file boot yang kita copy diflashdisk (BOOT1.ELF,BOOT2.ELF,BOOT3.ELF,BOOT4.ELF dan BOOT.ELF) tandai dengan menekan tombol X satu persatu,kemudian tekan R1 pilih copy.
keluar dari mass dengan menekan tombol segitiga,kemudian pilih mc0 tekan lingkaran,didalam mc0 ada beberapa folder yang tadi sudah di instal,pilih folder BOOT dan tekan lingkaran.Setelah masuk di folder BOOT akan ada file2 icon tekan R1 dan pilih paste.
Tunggu hingga prosesnya selesai,dan free mc boot sudah siap digunakan.

Demikian cara membuat MCBOOT MULTIBOOT semoga ada manfaatnya....
Jangan Lupa koment ya...?

SELESAI...semoga sukses..!

11 komentar:

  1. Good and nice your Blog...test

    BalasHapus
  2. Ga jelas, postingan tnpa cd ulaunch optic rusak, eh malah lu suruh [akek cd

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener2 ngaco ini gak jelas banget, gue udah biasa bikin jg gak serepot ini,,,

      Hapus
    2. jelaskan dong,cara metode lain seperti yang Gan buat sendiri.

      Hapus
  3. THANK BRO ANE DAH PRAKTEKAN DAN HASILNYA BERHASIL 100%

    BalasHapus
  4. gan bisa di persingkat nggak thu bikin mcboot nya?

    BalasHapus
  5. Maaf gan, ini kan tanpa cd ulaunchnya, kenapa memasukkan cd ulaunch juga.
    Soalnya optik dah modar

    BalasHapus
  6. Gan, cara balikin ps2 ke mode awal gmana? Ps2 adek ane kjebak di matrix mode... Pdahal optik masih bening.

    BalasHapus